Image result for FIFA 18 dataset kaggle
image

Eksplorasi dan Visualisasi Data FIFA 18

Al-Fazrin Banapon

--

Sepak bola merupakan salah satu permianan dan olahraga yang cukup hype di belahan dunia manapun, salah satu aktor lapangan hijau yang cukup menyita perhatian publik adalah yang ada pada gambar diatas. Namun, masih banyak lagi aktor lapangan hijau lainnya dengan skill mumpuni.

Pada kesempatan ini saya mencoba memanfaatkan ilmu saya sebagai seorang data analis untuk menggali informasi lebih dalam dari informasi FIFA 18, dengan sedikit eksplorasi data singkat menggunakan salah satu tool open source yaitu R. Eksplorasi data sangat diperlukan agar dengan mudah mengestrak data sehingga menjadi suatu informasi yang bermanfaat dan disajikan dalam suatu visualiasi sehingga mudah dipahami oleh para pembaca :).

Untuk full source code nya, teman-teman bisa akses di RPubs berikut untuk mempelajarinya codenya.

Data exploration at the speed of thought

“Data visualization is effective because it shifts the balance between perception and cognition to take fuller advantage of the brain’s abilities.” — Stephen Few

Umur Pemain Bola

Berdasarkan denisity plot dapat disimpulkan bahwa, kebanyakan pemain berumur di bawah 30 tahun dan rentang umur pemain sepak bola adalah antara 16 tahun hingga 40 tahun, pemain bola kebanyakan berumur 25 tahun.

Top 10 Negara dengan Pemain Sepak Bola Terbanyak

Dapat kita lihat bahwa England merupakan negara dengan pemain sepak bola terbanyak yaitu 1631, dan negara-negara di daratan Eropa masih mendominasi sebagai penyumbang pemain sepak bola terbanyak, disusul oleh kawasan Amerika Latin dan Asia yang diwakili oleh Jepang pada posisi ke-9.

Top 10 Pemain Terbaik dan Asal Negaranya

Gambar diatas menyajikan informasi top 10 pemain sepak bola terbaik dan asal negaranya, Cristiano Ronaldo (CR) dari Portugal sebagai pemain terbaik sedangkan Germany berhasil menempatkan 2 pemain terbaik dari negaranya yaitu M. Neuer dan T Kross.

Tak mau kalah Argentina juga mempunyai 2 pemain terbaik yang masuk dalam daftat top 10 pemain sepak bola terbaik yaitu L. Messi dan G. Higuain dan Benua Eropa yang mendominasi top 10 pemain terbaik sepak bola.

Top 10 Pemain Terbaik dan Asal Clubnya

Club yang mempunyai pemain terbaik Cristiano Ronaldo adalah Real Madrid, tidak hanya CR saja T Kross pemain asal Germany ini juga menjadi bagain dari club rival abadi dari Barcelona ini.

Klub raksasa asal Catalunya, Spanyol yaitu Barcelona mempunyai 2 pemain terbaik yang masuk dalam jajaran 10 pemain terbaik yaitu L. Messi dan L. Suares yang masing-masing berasal dari Argentina dan Uruguay.

Tidak hanya kedua rival club raksasa Eropa saja yang mengirim 2 pemainnya kedalam jajaran top 10 pemain terbaik, club sepak bola dengan julukan The Bavarian yaitu FC Bayern Munich (Bayern Munchen) ini juga mempunyai pemain terbaik yang dinaungi didalam clubnya yaitu M. Neuer dan R. Lewandowski dengan nilai overall masing-masing adalah 92 dan 91.

Kondisi Fisik Para Pemain

Berdasarkan barplot, dapat dijelaskan bahwa kebanyak pemain mempunyai berat badan 75 kg

Berdasarkan barplot, dapat dijelaskan bahwa kebanyakan pemain mempunyai tinggi badan 180 cm.

Siapakah Pemain dengan Nilai Evaluasi tertinggi ?

Sehingga dapat kita ketahui bahwa pemain dengan nilai jual tertinggi adalah Neyamr, disusul oleh L Messi dan Cristian Ronaldo berada pada posisi ke empat.

Apakah pemain dengan skill (overall) yang tinggi juga mempunyai nilai jual yang tinggi ?

untuk menjawab pertanyaan ini, dapat dibuat scatter plot antara overall dan nilai evaluasi pemain, untuk melihat hubungan apa yang terjadi.

Sehingga dapat kita ketahui bahwa semakin tinggi nilai overall maka nilai evaluasi pemain juga semakin tinggi, atau dengan kata lain semakin baik (tinggi) skill atau kemampuan yang dimiliki oleh seorang peman, maka semakin tinggi pula nilai evaluasi yang akan diterima.

Club manakah yang mempunyai Nilai Evaluasi Tertinggi ?

Club dengan Nilai evaluasi tertinggi adalah club dengan slogan “Hala Madrid” atau Real Madrid FC, club asal liga Spanyol lainnya yang masuk dalam jajaran club dengan nilai evaluasi tertinggi adalah FC Barcelon(3), dan Atletico Madrid(9).

Sedangkan club asal liga Inggris yang menjadi liga terbanyak yang mengantar clubnya pada posisi top 10 club dengan nilai evaluasi tertinggi yakni the blues Chelsea(4), The Red Devils Mancheseter United(6), Manchester City(8), dan yang terakhir adalah club asal Totenhan, Tottenham Hotspur(10) .

Selain itu wakil dari Prancis yang mencatat clubnya sebagai salah dari top 10 tersebut adalah Paris Saint-Germain atau PSG(5), wakil dari liga series Italia adalah pemilik nama fansclub Juventini(7), dan wakil dari negri kicir angin Belanda adalah FC Bayer Munich pada posisi kedua dengan nilai evaluasi tertinggi.

Cukup sekian eksplorasi data singkat dan visualisasinya, semoga bermanfaat :)

--

--