SQL Series III : SQL Fundamental ORDER BY

Al-Fazrin Banapon
3 min readNov 16, 2020

Hallo, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
(dijawab dulu, lumayan pahala)

okey, dipart part sebelumnya you’ve got over a whole bunch of techniques for getting data and filtering it down to what we’re looking for. Tapi readers notice sesuatu gk ? kita hanya menampilkan data tapi gk bisa untuk mengurutkan data tersebut. well, dipart ini we are going to bring some order to that chaos by going over the order by statement.

hmmm, sebelum berselancar lebih jauh, semoga teman teman yang membaca tulisan gw ini dimudahkan segala rezeki dan urusannya, dan tentunya dimudahkan untuk menerima dan memahami tulisan gw nanti.

Untuk lebih jelasnya let’s code dudeeee !!!

jika gw menampilkan productName, productCode serta buyPrice ny dari tabel products maka hasilnya akan seperti ini

data yang ditampilkan adalah data yang random, bagaimana jika ingin mengurutkan berdasarkan buyPrice ? dapat kita eksekusi dengan menambahkan order by pada akhir query kita.

select productName, productCode buyPrice
from products
order by buyPrice asc;

prnggunaan operator asc pada akhir namaa kolom menunjukkan bahwa buyPrice di sort secara ascending (dari nilai terkecil hingga ke terbesar). Jika ingin menampilkan secara descending, maka gunakan operator desc. Jika tidak menambahkan operator asc ataupun desc maka akan diurutkan secara ascending secara default.

select productName, productCode buyPrice
from products
order by buyPrice desc ;

see ? buyPrice sudah di urutkan berdasarkan nilai terbesar hingga terkecil. Penggunaan order by tidak terbatas hanya untuk numeric data saja, tapi bisa diterapkan juga pada data bertipe string.

select concat(firstName,' ',lastName) as Name
from employees
order by Name asc;

sorting pada tipe data string ini secara alphabetical dari A hingga Z, kecuali jika di tambah oeprator desc maka akan sort secara terbalik, seperti contoh berikut.

select concat(firstName,' ',lastName) as Name
from employees
order by Name desc;

Penggunaan ORDER BY Pada Lebih dari Satu Kolom

timbul pertanyaan di benak teman teman, apakah sorting dengan group by hanya bisa dilakukan pada satu kolom saja ? the answer is No. sorting dapat dilakukan pada lebih dari satu kolom, hanya dengan menambahkan , pada akhir kolom di depannya. Semisal akan menampilkan productName, productLine, quantityInStock dan buyPrice dari tabel products.

select productName, productLine, quantityInStock, buyPrice
from products
order by buyPrice desc, productLine;

dapat dilihat bahwa data di sorting berdasarkan buyPrice terlebih dahulu kemudian di urutukan berdasarkan productLine, seperti contoh setelah classic motor terdapat motorcycles kemudian classic models lagi, kenapa demikian ? karena data diurutkan terlebih dulu berdasarkan buyPrice terlebih dahulu.

gimans, so easy right ? Sekian dari gw, kalau ada yang mau di dikusikan feel free buat hubungin gw di afbanapon@gmail.com, and don’t forget to read my previous article series 1 and series 2.

linkedin : https://www.linkedin.com/in/alfazrin-banapon-9a953b147/

instagram : instagram.com/alfazrinb

Wassalamualaikum Warahmatullah :)

--

--